Wednesday, October 23, 2013

Lensa Wajib Nikon yang patut dipertimbangkan

Lensa wajib Nikon - jika membicarakan mengenai kata wajib pikiran kita mungkin langsung tertuju bahwa kita harus memilikinya semua. Bisa jadi begitu, bila kita memiliki budget yang tidak terbatas. Namun bagi yang dananya pas-pasan, pas buat beli lensa wide sampai super tele atau pas hanya untuk beli satu lensa zoom, tergantung, beberapa lensa dibawah ini patut dipertimbangkan untuk dimiliki.

1. Nikon AF 50mm F/1.8D

Inilah salah satu lensa murah meriah yang sudah bisa autofocus pada bodi kamera yang bermotor. Dengan harga hanya 1 jutaan kita sudah dapat membuat foto portrait yang menarik dengan bokeh yang cukup halus. Lensa Fix 50mm ini berbahan plastik sehingga bobotnya sangat ringan, sehingga tidak membeni fotografer saat membawanya kemanapun dia pergi. Sayangnya, bagi Anda yang hanya memiliki bodi entry level tanpa autofokus bisa melirik Nikon AF-S 50mm F/1.8G yang harganya hampir dua kali lipat. Soal kualitas tentu saja lensa AFS berada diatasnya. Selain itu, lensa ini juga sudah bisa dipasang pada bodi fullframe tanpa menimbulkan vignete


2. Nikon AF-S 35mm F/1.8G DX
Bagi Anda masih berencana membeli sistem kamera sebaiknya perlu mempertimbangkan kombo bodi entry level misal Nikon D3100/D3200 dengan lensa ini. Seperti yang pernah saya utarakan pada artikel yang berjudul Cara Memilih Kamera DSLR untuk pemula bahwa lensa ini sudah cukup untuk mengakomodasi berbagai keperluan fotografi anda, mulai dari Street Photography, Landscape, Travel dan Portrait dengan bokeh yang cukup halus serta distorsi yang mudah untuk dikoreksi melalui aplikasi Adobe Lightroom.

3. Nikon AF-S 85mm F/1.8G
Inilah salah satu best of the best portraiture lens di bawah harga 10 juta rupiah, atau beberapa waktu lalu malah dibawah 5 juta rupiah saat dollar belum membungbung tinggi. Jika Anda sudah memiliki lensa ini mungkin lambat laun Anda akan sangat jarang membawa lensa 50mm 1.8D lagi. Sebab, selain harganya terjangkau, bodinya ringan, ketajamannya pun luar biasa, bahkan sudah tajam di open wide. Oleh sebab itu tak ada salahnya jika Nikon AF-S 85mm 1.8G ini menjadi Lensa Wajib Nikon sebagai investasi Anda dimasa depan.

4. Nikon AF-S 70-200mm F 2.8G V2
Lensa tele ini mampu menghaslikan gambar berkualitas tinggi jika berada di tangan yang tepat. Masuk dalam kategori lensa profesional sehingga harganya cukup tinggi.

5. Nikon AF 135mm F2 DC
King of Bokeh Nikon Lens patut disandang oleh lensa ini, sampai saat ini pun Nikon masih belum meluncurkan generasi baru lensa AF-S dengan defocus image control seperti pada lensa AF-D ini. Harganya stabil sehingga masih sangat layak untuk dipertimbangkan menjadi lensa wajib untuk modeling.

6. Nikon AF-S 105mm F2.8 Micro 
Lensa macro berkualitas dengan harga cukup tinggi ini mampu menghasilkan foto yang sangat tajam. Dengan bukaan lensa terkecil mencapai F32 dapat menghasilkan DOF yang cukup lebar untuk memotret close up serangga.

7. Nikon AF-S 40mm F2.8G DX Micro
Versi murah lensa AF-S macro bagi Anda yang memiliki bodi crop faktor. Dengan harga yang hanya terpaut 100-200rb rupiah dengan Nikon AF-S 35mm F1.8G tentu akan membuat bingung. Tak usah bingung, pilihlah yang paling sering Anda gunakan atau sesuai bidang fotografi yang digeluti saat ini. Jika semua bidang fotografi Anda geluti maka siap2 saja merogoh kocek yang tak sedikit untuk mengkompensasi keinginan Anda. Kenapa lensa macro ini saya masukkan dalam jajaran Lensa Wajib Nikon ? Alasannya tak lain karena berada diantara 35 dan 50 memungkinkan kita masih bisa memotret portrait, landscape, street, dan macro. Nah, dengan satu lensa sudah mengakomodisir semua kebutuhkan Anda.


No comments:

Post a Comment