Monday, September 30, 2013

Komposisi Fotografi dan Sudut Pengambilan Foto

Komposisi Fotografi merupakan penggabungan berbagai macam elemen dalam sebuah frame foto. Hal ini meliputi obyek, foreground, dan background dalam sepertiga bagian. Bayangkan jika dalam sebuah foto itu terdapat garis vertikal dan horizontal sebanyak tiga buah. Biasanya didalam viewfinder kamera digital sudah terdapat gridline rule of third yang memudahkan fotografer dalam menentukan sepertiga bagian.


komposisi fotografi
image source : otodidakfotografi.blogspot.com


Jika istilah fotografi sudah dipahami maka komposisi juga wajib diketahui oleh semua fotografer yang akan mulai memotret. Komposisi ini banyak digunakan oleh landscaper dalam menentukan bagian mana saja yang akan dimasukkan dalam sebuah frame foto. Blog berita teknologi indonesia juga masih banyak belajar, bahkan fotografer profesional sekalipun juga terus mengasah kemampuan komposisi ini.

Jika jaman dahulu lensa zoom ada fotografer dituntut untuk bergerak maju dan mundur untuk menentukan komposisi, kini dengan berkembangnya teknologi kita dimudahkan dengan lensa zoom dalam mengatur komposisi. Tapi harus diingat karakter setiap lensa berbeda - beda. Lensa zoom cenderung mengalami distorsi sedangkan lensa fix lebih tahan terhadap distorsi.

Perbedaan Horisontal dengan vertikal
Horisontal (landscape mode) memberikan efek mood yang tenang dan luas. Sedangkan vertikal memberikan efek lebih berdimensi. Dalam fotografi landscape vertikal kita dapat memasukan berbagai macam unsur foreground. Dari depan kaki sampai luasnya langit dapat terekam dengan baik jika menggunakan lensa wide vertikal.

Lebih lengkapnya akan di bahas Berita Teknologi Indonesia pada artikel selanjutnya

No comments:

Post a Comment