Thursday, August 29, 2013

Mengatasi Touchscreen Tidak Responsif

Saat ini hampir semua smartphone Android yang diproduksi sudah menggunaan layar sentuh. Bahkan beberapa diantaranya malah meninggalkan sama sekali tombol fisik. Kendala yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone dengan layar sentuh ini adalah seringkali kinerja touchscreen tidak responsif secara tiba-tiba. Jengkel, bingung, dan cemas sudah pasti dirasakan. Apalagi bagi pebisnis yang dituntut cepat dalam melayani konsumen. Kalau sudah begini akhirnya malah bikin repot, itulah sebabnya sampai saat ini masih banyak yang ngefans sama smartphone dengan tombol fisik seperti blackberry misalnya.



Penyebab touchscreen tidak responsif yang paling sering adalah smartphone terlalu lama digunakan sehingga menimbulkan panas. Masalah ini sering dialami oleh pengguna smartphone dengan fitur kedap air, dimana udara tidak bebas masuk dan keluar dari casing sehingga pendinginan jadi tidak ekstra. Solusi atau cara mengatasi touchscreen tidak responsif akibat kepanasan yaitu mendiamkan sejenak smartphone atau bagi yang memiliki fitur kedap air bisa memasukkannya ke dalam air terlebih dahulu.

Aplikasi yang berjalan pada background terlalu banyak. Hal ini seringkali di alami oleh smartphone dengan memory RAM yang kecil. Mungkin banyak yang belum tahu jika Sistem operasi yang menjalankan smartphone juga memakan resource memori RAM cukup besar. Maka dari itu, ketika kita melihat kapasitas di dalam menu aplikasi hasilnya tidak sama seperti yang tertera pada spesifikasi padahal kita tidak membuka atau menjalankan apapun. Bahkan, beberapa vendor tidak memberikan upgrade ke versi yang lebih tinggi karena hardwarenya tidak memungkinkan untuk dijejali OS yang baru. Solusinya, gunakan task manager, kill semua aplikasi yang berjalan pada background atau membatasi aplikasi yang berjalan pada background di menu setting > development.

Beruntung sekarang harga smartphone canggih sudah terjangkau. Seperti yang sudah berita teknologi tulis dalam artikel yang berjudul Smartphone terbaik 2013 dibawah 2 juta. Smartphone prosesor dual core dapat dibeli dengan harga di bawah 2 juta layarnya pun sudah lebar, lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai macam aplikasi yang tersedia di google play saat ini. Itulah penyebab utama touchscreen tidak responsif dan cara mengatasinya.

No comments:

Post a Comment