Tuesday, December 3, 2013

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless dibanding DSLR

Jika mendengar kata mirrorless, yang ada dibenak kita adalah kamera dengan teknologi yang baru dikembangkan. Bentuknya relatif kecil, jauh lebih kecil ketimbang DSLR terkecil sekalipun. Bobotnya juga ringan, mudah sekali membawanya kemanapun pergi. Tidak membutuhkan tas berukuran besar untuk menyimpan dan membawanya. Apakah hanya itu kelebihannya ? Tentu saja tidak. Kelebihan - kelebihan yang dimiliki kamera mirrorless inilah yang saat ini coba ditunjukkan oleh produsen untuk menggaet konsumen baru.


Meski tergolong baru, kamera mirrorless digital sejatinya sudah diluncurkan sejak tahun 2004. Diawali oleh perusahaan EPSON dengan menelurkan seri R-D1. Namun, Epson R-D1 masih tergolong kamera berjenis rangefinder yang bisa mencari fokus menggunakan viewfinder optic. Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless dibanding dengan kamera DSLR menurut blog Berita Teknologi Indonesia.

Mitos : DSLR memiliki sensor lebih besar ketimbang Mirrorless
Fakta : Kini mirrorless sudah dibekali dengan sensor dengan ukuran yang sama bahkan saat ini sudah ada mirrorless dengan sensor full frame. Jika Anda sudah membaca ulasan kami yang berjudul Kamera Mirrorless Terbaik 2013 tentu Anda sudah tahu jawabannya.

Mitos : DSLR memiliki shutter burst lebih cepat
Fakta : Mirrorless memiliki kecepatan burst shutter jauh lebih cepat. Dengan ditiadakannya cermin dan pentaprisma otomatis sistem mekanisme membuka tutup cermin tidak ada. Itulah sebabnya saat ini kamera mirrorless memiliki kecepatan burst yang sangat tinggi bahkan mencapai 60 fps dimiliki oleh Nikon 1 V1.

Mitos : DSLR memiliki sistem autofokus yang lebih cepat dan akurat
Fakta : Mitos tersebut memang benar tapi bukan berarti kamera mirrorless tidak memiliki sistem autofokus yang cepat. Dengan diluncurkannya Olympus OM-D EM5 ke pasaran, mitost tersebut seolah goyah dengan sendirinya. Kini mirrorless memiliki autofokus yang cepat bahkan OM-D EM5 diklaim memiliki autofokus tercepat di dunia.

Mitos : DSLR jauh lebih mudah digunakan karena memiliki viewfinder optik
Fakta : Dengan diluncurkannya Sony a3000 mitos tersebut sudah pasti terpatahkan. Yang mana sebelum ada a3000 mengkomposisikan obyek fotografi sangat sulit saat berada dibawah sinar matahari yang bersinar. Kini dengan dibenamkannya viewfinder, meski view finder elektornik, komposisi dan mencari fokus manual jadi lebih mudah.


Kelebihan lainnya adalah dengan bodi mirrorless yang kecil, membuatnya mudah untuk dibawa traveling. Sehingga banyak traveler photography beralih ke mirrorless profesional yang harganya lebih mahal daripada DSLR kelas menengah. Sayangnya, meski tergolong kecil, kamera mirrorless masih belum dapat dengan mudah masuk ke kantong celana. Hal ini dikarena ukuran lensa masih tergolong besar, ukuran lensanya sama dengan ukuran lensa DSLR.

No comments:

Post a Comment