Tuesday, November 5, 2013

Wisata Air Terjun Di Banyuwangi

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata potensial. Tempat wisata inipun tersebar dari sisi utara, selatan, barat, dan timur. Salah satu tempat menarik yang jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal adalah wisata alami Air terjun. Sampai saat ini yang baru ditemukan dan layak dikunjungi iarena aksesnya cukup mudah adalah air terjun yang berada di Banyuwangi bagian barat.

Wisata Air Terjun Di Banyuwangi :

  1. Air terjun Tirto kemanten, yang terletak di kecamatan Kalibaru
  2. Air terjun Lider, yang terletak di kecamatan Songgon
  3. Air terjun di sungai Badeng, di Kecamatan Songgon, bahkan di aliran air sungai ini terdapat banyak sekali air terjun eksotis. Air yang mengalir pun berwarna jernih dan bersih. Selain itu, aliran sungai yang deras ini pun dijadikan tempat rafting, salah satu pengelola rafting yang cukup terkenal di wilayah ini adalah Karo Adventure.



Bagi sebagian besar pecinta fotografi slow speed, Air terjun adalah tempat yang sangat tepat untuk dijadikan obyek fotografi. Aliran air serta gugusan batu yang tersusun secara alami bisa menjadi seperti awan yang bergerak. Inilah efek slow speed yang banyak digemari. Bahkan, jatuhnya air terjun pun menjadi tampak hidup dengan teknik ini.

Air Terjun Tirto Kemanten, Kalibaru


Air Terjun Kalibaru, Banyuwangi 1 


Untuk mengakses air terjun ini memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan darat dari pusat kota Banyuwangi. Sebelum stasiun Kalibaru, terdapat jalan pertigaan ke utara, kemudian ada masjid belok kanan. Ikutin saja jalan beraspal kemudian belok kiri, terus saja ke utara nanti Anda akan menemui jalan berbatu, melewati perkebunan tebu. Begitu sampai di lokasi parkiran dusun Wonorejo, kita diharuskan berjalan kurang lebih 100 meter untuk sampai ke lokasi Air terjun. Sayangnya, daerah ini sudah tidak terurus lagi akibat pernah diterjang banjir bandang yang menggerus seluruh tebing di sekitar air terjun.


Air Terjun Kalibaru, Banyuwangi 4

Air Terjun di Songgon


DSC_3870

Air terjun di daerah Songgon banyuwangi ini memiliki panorama yang sangat unik. Terdapat banyak air terjun yang berada searah dengan aliran sungai. Sehingga, bila Anda yang hobi berpetualang tak ada salahnya mencapai seluruh air terjun di aliran sungai Badeng, Songgon. Selain menikmati panorama air terjun, kita juga bisa mandi di sebuah kolam di bawah air terjun kedua pada foto di bawah ini. Tak perlu kawatir kehabisan bekal, karena di bawah terdapat warung kopi dan snack.


Musim Gugur

Selain kamera, peralatan yang wajib dibawa untuk memotret aliran air terjun agar nampak hidup adalah Tripod. Jika tidak ada tripod taruh kamera di atas batu, pastikan aman dari percikan air agar kamera dapat berlangsung hidup. Lebih baik menggunakan timer daripada langsung ditekan menggunakan tombol shutter, jika perlu bawa kabel release atau remote shutter. Untuk menghilangkan pantulan air dan menambah saturasi gunakan filter CPL. Speed yang digunakan untuk memotret air terjun cukup 1/15 - sekian detik. Jika tidak punya DSLR gunakanlah kamera pocket yang memiliki setting manual. Baca di halaman Kamera Pocket di bawah 2 juta.

No comments:

Post a Comment